Rabu, 18 Januari 2017

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

1.      Pengertian Sistem Informasi
Secara umum sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan atau kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi, dan prosedur-prosedur yang terorganisasi. Sedangkan menurut Alter (1991) sistem informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dn teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
Menurut Hall (2001) sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan di distribusikan kepada pemakai. Menurut Turban, McLean, dan Wetherbe (1999) sistem informasi adalah mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik. Ahli lainnya Bodnar dan Hopwood (1993) sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

2.      Contoh Sistem Informasi
·         Sistem POS (Point-of-Sale)
·         Sistem Informasi Akademik
·         Sistem Informasi Sekolah
·         Sistem Informasi Rumah Sakit
·         Sistem reservasi pesawat terbang
·         Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor
·         Sistem Informasi Perbankan


3.      Pengertian Sistem Informasi Psikologi
a.       Pengertian Sistem
Menurut Fatta (2007), sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan saling bergantung sama lain.
Menurut Eriyanto (2004), sistem adalah suatu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam suatu lingkungan kompleks.
b.      Pengertian Informasi
          Menurut Kusrini & Andri Kaniyo (2007) informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi. ta yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
          Menurut Chr. Jimmy. L.Gaol (2008) informasi adalah segala sesuatu keterangan yang bermanfaat untuk para pengambil keputusan atau manajer dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.
c.       Pengertian Psikologi
          Psikologi menurut Wade & Travis (2007), adalah disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku & berbagai proses mental serta bagaimana perilaku & berbagai proses mental itu dipengaruhi oleh kondisi mental organisme & dari lingkungan eksternal.
          Menurut Heru Basuki (2008), bahwa psikologi itu adalah ilmu pengetahuan ilmiah yang mempelajari perilaku, sebagai menifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif, & emosional.

Sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan computer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Atau sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan pengguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencanaan, dan pengelolaan.

4.      Contoh Sistem Informasi Psikologi
·         Konseling online : anak-anak, remaja, dewasa, dan lain-lain
·         Tes Kepribadian : Tes Rorschach
·         Tes IQ
·         Perusahaan banyak menggunakan alat software tentang alat tes agar waktu yang digunakan untuk menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien.

5.      Manfaat Sistem Informasi Psikologi
Manfaat penggunaan sistem informasi dalam bidang psikologi adalah dapat memberikan informasi dan pemahaman terkait dengan perilaku dan sikap agar terjadinya implementasi sistem informasi dalam organisasi supaya berjalan dengan efektif. MC Leod (2007) mengatakan bahwa sistem informasi yang digunakan dan dikembangkan harus memperhitungkan aspek perilaku pengguna, Dimana dari suatu metode pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan perilaku individu dalam suatu program akan menjadi efektif terutama pada evaluasi dengan menggunakan sistem informasi oleh penggunanya.


Sumber :
1.      http://www.kompasiana.com/dimasosd/pengertian-si-sistem informasi_55291077f17e6126268b48b6
  1. Basuki, A.M.H. (2008). Psikologi Umum. Depok : Universitas Gunadarma.
  2. Carole Wade & Carol Tavris. (2007). Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  3. Eriyanto. (2004). Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Bogor: Grasindo.
  4. Fatta, H.A. (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit
  5. Gaol, C.J.L (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo.
  6. Kusrini & Kaniyo, A. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-sistem-informasi-ciri-fungsi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar